Tentang Ikatan Alumni PIQ



IKAPIQ (Ikatan Alumni Pesantren Ilmu Al Quran) adalah organisasi yang mewadahi seluruh alumni PIQ lintas generasi dari sejak awal PIQ didirikan tahun 1978 hingga hari ini dan masa mendatang.

IKAPIQ merupakan media bagi para alumni PIQ untuk menjalin ikatan silaturahim, sekaligus sebagai wahana untuk terus berkhidmat dan mengabdi kepada PIQ selaku almamater melalui slogan “Satu Hati, Hati Qur’ani”. Melalui IKAPIQ, alumni berperan besar mewujudkan mimpi-mimpi Murabbi Arwahina KH Basori Alwi dan keinginan seluruh keluarga besar PIQ dalam merealisasi proyek “PIQ Masa Depan”.

Karena itu, visi-misi utama IKAPIQ adalah mengemban visi-misi PIQ sebagai almamater, yakni:

Visi:
Mewujudkan insan agamis, berakhlak mulia, berilmu, dan bertanggungjawab berdasarkan aqidah Ahlissunnah wal Jamaah.

Misi:
Menyelenggarajan segala aktivitas untuk mencapai akhlak dan intelektualitas yang islami di dalam dan di luar pesantren.

Sejarah IKAPIQ

Pada pertengahan tahun 90an, ikatan alumni PIQ sudah ada. Namun, pada saat itu masih sebatas pada teritorial tertentu dan atas inisiatif beberapa alumni se-angkatan. Ada Gapiqres (Gabungan Alumni PIQ Gresik), Gapiqma (Gabungan PIQ Malang), dan gabungan alumni lain berdasarkan kota atau wilayah tertentu.

Di tahun 2005, mulai terdengar nama “IKAPIQ” yang tujuannya untuk menyatukan seluruh gabungan alumni PIQ yang telah terbentuk di beberapa daerah. Hanya saja, karena faktor minimnya komunikasi, wadah bernama “IKAPIQ” tersebut kandas ditelan waktu. Meskipun, semangat untuk menyatu tetap ada.

Hingga kemudian, acara reuni akbar alumni PIQ bisa digelar tiap tahun yang diselenggarakan pada setiap minggu pertama bulan Mei, bertepatan dengan bulan lahirnya PIQ Singosari, Mei 1978. Acara reuni akbar ini makin tahun makin bertambah besar, baik dari aspek kuantitas alumni yang hadir hingga kualitas penyelenggaraan yang kerap berganti format acara dan tema agar menarik minat alumni PIQ untuk hadir di pesantren dan bersalaman dengan KH Basori Alwi.

Tahun 2015, tepat di acara reuni akbar alumni PIQ, lahirlah YPIQ, Yayasan Pesantren Ilmu al-Quran. YPIQ lahir juga atas inisiatif bersama antara semua alumni dan keluarga ndalem. Tujuan utama YPIQ adalah membuat Murabbi Arwahina KH Basori Alwi terus tersenyum bahagia, dapat menyaksikan perkembangan PIQ. Melalui YPIQ, semua dapat berkontribusi nyata untuk bersama mengembangkan PIQ.

Lahirnya YPIQ diwujudkan dengan adanya yayasan yang sudah berbadan hukum dan susunan pengurus yang kredibel di bidangnya. Selain itu, YPIQ juga meliris proyek ‘PIQ Masa Depan’. Yakni, proyek dengan renstra pengembangan PIQ dalam 20-30 ke depan dengan menelan biaya 350 Milyard.

Wujud dari proyek YPIQ ini adalah perluasan tanah dan pembangunan infrastruktur pendidikan di Desa Gondorejo Singosari. PIQ Masa Depan akan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar lebih dengan sarana dan prasarana yang lengkap mulai dari masjid, asrama pesantren, sekolah, klinik, area parkir, aula, gedung olahraga, lapangan, laboratorium, dan sebagainya.

Kini, 2018, telah berdiri Masjid Ba Murtadla, akses jalan masuk dan asrama santri gedung satu yang masih dalam tahap proses pembangunan. Selain itu, Zawiyah Tahfidzil Quran PIQ atau pesantren khusus para huffadz juga sedang dibangun di Jalan Tumapel II Singosari.

Berkah lahirnya YPIQ, organisasi alumni bernama IKAPIQ mulai diperkuat. Sejak reuni akbar tahun 2017 lalu, IKAPIQ resmi dibentuk dan diridhai oleh KH Basori Alwi. Melalui IKAPIQ, Kiai berharap semua alumni dapat menyatu dan terwadahi untuk bersama-sama mewujudkan mimpi ‘PIQ Masa Depan’.

©2019 Ikatan Alumni Pesantren Ilmu Al Quran alumni@piqsingosari.com

Masuk dengan akun Anda

atau    

Lupa username/password Anda?

Create Account